Perawatan Penderita Stroke di Rumah secara Efektif

Stroke adalah penyakit yang mematikan, karena stroke menyerang otak. Yang mana otak merupakan sistem saraf pusat yang mengendalikan seluruh gerakan dan intelektual kita. Untuk dapat berfungsi dengan baik, sel-sel saraf membut pasokan oksigen melalui aliran darah. Dengan demikian otak sangat bergantung pada kelancaran aliran darah. Jika pada salah satu pembuluh darah terjadi hambatan berupa sumbatan atau pecah, pasti aliran darah ter­ganggu dan pasokan oksigen pun berkurang bahkan bisa terhenti.

Image result for penyakit stroke
Penyakit Stroke

Stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Penyakit stroke bisa membuat tubuh kita tidak berdaya dan tidak mampu untuk melakukan sesuatu. Penyakit stroke memang tidak bisa diabaikan. Kejadiannya yang kerap kali mendadak membuat penderitanya sering tidak dapat terselamatkan.

penyakit stroke memiliki bahaya yang mungkin tidak diinginkan oleh setiap orang. Seseorang yang sudah menderita stroke tentu tidak akan pernah merasa sempurna untuk menjalani hidup dikarenakan beberapa anggota tubuh terganggu.

Waspadai Bahaya dan Komplikasi Stroke !

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa bahaya dari penyakit stroke yang tentu sebisa mungkin dapat Anda hindari. Berikut ini beberapa bahaya dari penyakit stroke yang kerap menyerang manusia, diantaranya:

Berikut beberapa bahaya dan kompikasi stroke :

Kelumpuhan 
Sulit Berbicara
Gangguan Kognitif
Hilangnya Keseimbangan
Merusak jaringan saraf
Penglihatan kabur
Cegukan dan sesak nafas
Koma
Kematian

Hindarilah bahaya dan komplikasi stroke dengan cara melakukan pencegahan sedini mungkin saat gejala atau kondisi masih ringan. 

Jenis dan Penyebab Stroke 

Berdasarkan penyebabnya, ada dua jenis stroke, yaitu:

  • Stroke iskemik. Sekitar 80% stroke adalah jenis stroke iskemik. Stroke iskemik terjadi ketika pembuluh darah arteri yang membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyempitan atau terhambat, sehingga menyebabkan aliran darah ke otak sangat berkurang. Kondisi ini disebut juga dengan iskemia.
  • Stroke hemoragik. Stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah dan menyebabkan perdarahan. Pendarahan di otak dapat dipicu oleh beberapa kondisi yang memengaruhi pembuluh darah.
Faktor Penyebab Stroke 

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko stroke. Selain stroke, faktor risiko di bawah ini juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Faktor-faktor tersebut meliputi:

Faktor kesehatan, yang meliputi:

  • Hipertensi.
  • Diabetes.
  • Kolesterol tinggi.
  • Obesitas.
  • Penyakit jantung, seperti gagal jantung, penyakit jantung bawaan, infeksi jantung, atau aritmia.
  • Sleep apnea.
  • Pernah mengalami TIA atau serangan jantung sebelumnya.

Faktor gaya hidup, yang meliputi:

  • Merokok.
  • Kurang olahraga atau aktivitas fisik.
  • Konsumsi obat-obatan terlarang.
  • Kecanduan alkohol.

Faktor lain yang berhubungan dengan risiko stroke, antara lain:

  • Faktor keturunan. Jika anggota keluarga pernah mengalami stroke, maka risiko terkena stroke juga semakin tinggi.
  • Usia. Dengan bertambahnya usia, seseorang memiliki risiko stroke lebih tinggi dibandingkan orang yang lebih muda.

Tanda dan Gejala Stroke yang perlu diwaspadai !

Jika Anda memiliki faktor risiko tersebut, jangan abaikan beberapa tanda dan gejala stroke berikut ini:

♦ Seisi tubuh mendadak lemas

♦ Rasa kebas atau kesemutan seisi tubuh

♦ Nyeri pada satu sisi wajah

♦ Pandangan kabur (visual)

♦ Kesulitan untuk menghirup atau menelan, gangguan bicara (cadel, tidak bisa bicara atau komunikasi tidak nyambung)

♦ Kehilangan keseimbangan

♦ Tremor

♦ Sulit Berjalan

♦ Kebingungan

♦ Kelumpuhan di wajah

♦ Mendadak gangguan keseimbangan (vertigo)

Beberapa tanda gejala tersebut perlu diwaspadai, dan jika anda mengalami salah satu diantaranya maka segeralah untuk melakukan pencegahan, penanganan atau pengobatan. Karena jika kondisi seperti ini dibiarkan maka kemungkinan besar kondisi akan semakin parah dan membahayakan.

Perawatan Penderita Stroke di Rumah secara Efektif

 

http://www.sehatfresh.com/wp-content/uploads/2017/10/Pengobatan-Stroke.jpg
Penderita Stroke

Terdapat berbagai pengobatan untuk menganngani stroke, namun untuk kondisi yang masih ringan anda dapat melakukan penanganan mandiri dirumah. Sebagai pencegahan untuk kondisi yang lebih buruk. 

Berikut ini beberapa cara merawat penderita stroke di rumah:

  • Cek level kolesterol dan tekanan darah

    Sebisa mungkin selalu cek kadar kolesterol serta tekanan darah penderita. Usahakan untuk mengecek secara rutin supaya dapat mengetahui kondisi terkini penderita.

  • Melatih penderita untuk mandiri

    Bantulah penderita berjalan kembali dengan cara menuntun dan berdiri disisi yang lemah. Hindari penggunaan alat bantu kecuali jika dianjurkan oleh fisioterapis. Sehingga penderita dapat selalu aktif dan rutin melatih kemampuan fisiknya

  • Atur posisi tidur

    Pasien yang belum dapat bergerak sendiri sebaiknya diposisikan dengan nyaman. Posisi tangan dan kaki yang lemah sebaiknya diganjal dengan bantal.

  • Meningkatkan rasa percaya diri pada penderita

    Salah satu perawatan stroke ringan yang efektif yaitu dengan meningkatkan rasa percaya diri penderita. Perlakukan mereka dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

  • Usahakan dekat dengan kamar mandi

    Pastikan adanya pegangan di kamar mandi yang digunakan oleh penderita. Sehingga penderita tidak kesusahan saat buang air. Suasana yang nyaman dapat mempercepat kesembuhan penyakit.

Strategi pencegahan stroke yang utama adalah dengan perawatan penderita stroke di rumah secara efektif, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dan beberapa hal lain yang perlu dilakukan juga diantaranya ; menurunkan tekanan darah, mengontrol kadar gula darah, berhenti merokok, meningkatkan aktivitas fisik, diet rendah garam dan rendah lemak jenuh, serta menurunkan berat badan.

Rekomendasi pengobatan stroke paling manjur yang bisa dilakukan dirumah 

Pengobatan Alternatif Stroke Dengan Herbal


Demikian sekilas informasi mengenai Perawatan Penderita Stroke di Rumah secara Efektif. Semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi para pembacanya. Terimakasih sudah menyisihkan waktu untuk membaca artikel kami. Salam sehat 🙂 

 

Perawatan Penderita Stroke di Rumah secara Efektif

herbalqncjellygamat.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.